Senin, 29 November 2010

FRAME WORK MARKETING MODERN


^ STRATEGI ( How to win the Market )
Strategi pemasaran adalah suatu pernyataan bagaimana caranya suatu merek atau produk akan mencapai tujuannya. Strategi memberikan keputusan dan
arahan sehubungan dengan variabel-variabel.
1. Segmentasi Pasar
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa pasar suatu produk tidaklah homogen, akan tetapi pada kenyataannya adalah heterogen.
Pada dasarnya segmentasi pasar adalah suatu strategi yang didasarkan pada falsafah manajemen pemasaran yang orientasinya adalah konsumen. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.
Ada empat ktiteria yang harus dipenuhi segmen pasar agar proses segmentasi pasar dapat dijalankan dengan efektif dan bermanfaat bagi perusahaan, yaitu:
􀂾Terukur (Measurable), artinya segmen pasar tesebut dapat diukur, baik besarnya, maupun luasnya serta daya beli segmen pasar tersebut.
􀂾Terjangkau (Accessible), artinya segmen pasar tersebut dapat dicapai sehingga dapat dilayani secara efektif.
􀂾Cukup luas (Substantial), sehingga dapat menguntungkan bila dilayani.
􀂾Dapat dilaksanakan (Actjonable), sehingga semua program yang telah disusun untuk menarik dan melayani segmen pasar itu dapat efektif.

2. Penetapan Pasar Sasaran ( Target market)
Adalah merupakan kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama adalah menghitung dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. Maka dalam hal ini pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang. Teknik-teknik yang dipergunakan ini sangat bermanfaat dalam memilih pasar sasaran, sehingga pemasar dapat menghindarkan kesalahan-kesalahan yang bakal terjadi, atau paling tidak menguranginya sekecil mungkin dalam prakteknya.
Target dalam shampo dove adalah perempuan yang rambutnya rusak akibat penataan rambut setiap hari, seperti : rebonding, smoothing, penyambungan dan pengkritingan.

3. Penempatan produk ( Product Positioning)
Penempatan produk mencakup kegiatan merumuskan penempatan produk dalam persaingan dan menetapkan bauran pemasaran yang terperinci.
Pada hakekatnya Penempatan produk adalah: Tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu diingatan konsumen.
Bagi setiap segmen yang dimasuki perusahaan, perlu dikembangkan suatu strategi penempatan produk.
^ TACTIC ( how to penetrate the market )
Taktik (tactics) adalah tindakan jangka pendek yang dilakukan untuk
menerapkan strategi yang lebih luas.
·         selling :adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.

·         Marketing Mix : kombinasi dan empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan dan dapat dikendalikan oleh perusahaan seefektif mungkin.


·         Diferensiasi : Perbandingan 2 atau lebih produk yang sama.






^ VALUE ( how to create emotional touch )
·         Brand : produk yang di pasarkan atau merk.
Shampo Dove dapat menjadikan rambut  indah yang lebih halus dan senantiasa kuat, dengan berkurangnya rambut yang rontok.
Cara Pakai:
Pijat dengan lembut pada rambut yang basah. Bilas hingga bersih dengan air. Gunakan setiap hari, untuk hasil terbaik, gunakan dengan Dove HAIRFALL THERAPY Conditioner dan Combing Serum setiap hari.

·         Proses : proses pembuatannya.

·         Service : pelayanan dalam segi pemasaran.

Formulanya yang lembut membersihkan rambut serta meminimalkan terjadinya iritasi pada kulit kepala. Diperkaya dengan Strengthening Serum yang unik, melindungi helaian rambut yang lemah dari kerusakan akibat penataan rambut sehari-hari dan membuatnya senantiasa kuat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar