Senin, 29 November 2010

Kegiatan Bisnis Di Indonesia


Kegiatan bisnis di Indonesia berawal setelah RI sudah merdeka. Dari melihat banyak peluang untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang ada di Indonesia para investor asing masuk ke Indonesia dan kemudian  membuat infrastruktur serta fasilitas manufaktur untuk penunjang eksport maupun impor. Dari modal ini kebanyakan tidak termasuk bisnis yang besar tetapi ada pula sebagian yang memiliki modal membangun bisnis yang besar.
           Kegiatan bisnis di Indonesia pun semakin lama semakin meningkat saja, tetapi semenjak terjadinya krisis moneter pada tahun 1997-1998 investor yang tadinya menanamkan modal besar di Indonesia menghentikan kerjasamanya dan lebih memilih menanamkan modalnya di negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore. Itu semua terjadi karena kepemimpinan Presiden Soeharto pada waktu itu di nilai tidak baik sampai akhirnya negara memiliki hutang yang sangat besar dan akhirnya Presiden Soeharto pun langsung mengundurkan dari jabatannya.

            Setelah kejadian itu pemerintah pun membangun kembali sistem perekonomiannya agar para investor mau membuka bisnisnya kembali di Indonesia. Kegiatan bisnis pun semakin meningkat tiap tahunnya sampai dengan saat ini, tidak hanya yang berasal dari modal investor asing saja sekarang banyak sekali pengusaha-pengusaha yang telah mengerti tentang dunia pasar modal, tidak hanya di indonesia saja tetapi juga di beberapa negara lainnya, banyak juga pengusaha Indonesia yang membuka lahan bisnisnya di luar negeri.
Kita pun sudah mengetahui perkembangan globalisasi yang terjadi sekarang ini  sangatlah berpengaruh dalam dunia bisnis di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya keterbukaan dan kebebasan dalam berbagai bidang kehidupan yang mengakibatkan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan yang berlangsung cepat.
 Bisnis yang berkembang di Indonesia sekarang sudah sangat banyak dan cukup maju. Terbukti pada saat dunia sedang mengalami krisis global Indonesia termasuk salah satu Negara yang tidak terlalu terpengaruh oleh adanya krisis global tersebut. Melalui keterbukaan informasi maka kegiatan ekonomi menjadi bersifat terbuka sehingga mengakibatkan transaksi bisnis dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun saja. Transaksi secara elektronik merupakan suatu hal yang baru. Sejalan dengan perkembangan tersebut, maka bentuk-bentuk kegiatan bisnis di era globalisasi saat ini terus berkembang. Bahkan para pengusaha asing banyak masuk dan mengembangkan usahanya di Indonesia yang mungkin adakalanya tidak cocok diterapkan di negara kita.
Dengan adanya berbagai keterbukan ini sangatlah menguntungkan bagi para warga masyarakat yang memiliki jiwa berbisnis untuk mengambil peluang yang ada. Masyarakat sekarang sudah sangat cerdas mengambil peluang bisnis yang bagus dan menguntungkan bagi mereka. Disini para pebisnis mengambil kesempatannya yakni dengan cara membuat bisnis online. Dalam bisnis online ini kita dapat menjual apapun yang didibutuhkan oleh masyarakat. Bisnis online itu merupakan sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat komputer yang tersambung ke jaringan internet. Perangkat komputer ini bisa saja desktop, notebook, netbook, ataupun smartphone. Intinya adalah kegiatan bisnis yang memanfaatkan jaringan internet.


sumber referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar